Ratna Sarumpaet Divonis Dua Tahun

(Berita Terpercaya) – Terdakwa kasus hoax penganiayaan, Ratna Sarumpaet dijatuhi hukuman penjara selama dua tahun. Ratna dinyatakan terbukti melakukan perbuatan pidana sebagaimana diatur Pasal 14 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Vonis dua tahun kurungan penjara yang ditetapkan oleh Majleis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan itu lebih ringan dibandingkan tuntutan Tim Jaksa Penuntut Umum yang menuntut terdakwa selama enam tahun.

Majelis hakim menimbang delik material pada Pasal 14 ayat 1 UU 1946, dari perbuatan Ratna menimbulkan perselisihan, membangkitkan amarah, kerugian, dan sebagainya.

Hakim anggota Krisnugroho dalam pembacaan analisis yuridis putusan Ratna Sarumpaet menyampaikan, meskipun keonaran belum benar-benar terjadi, tapi bibit-bibit terjadinya keonaran telah tampak dan muncul ke permukaan.

“Bibit atau benih keonaran dalam pertimbangan hakim didasari fakta-fakta persidangan, seperti kabar yang menjadi viral di dunia maya. Menjadi pro-kontra di medsos dan menjadi berita utama di media mainstream,” katanya, Kamis (11/7/2019).

Dalam putusannya, majelis hakim menyebut hal-hal yang memberatkan dan meringankan dari kasus hoax atau penyebaran kabar bohong atau berita palsu. Hal yang memberatkan, Ratna sebagai publik figur seharusnya memberikan contoh yang baik dalam berbuat dan bertindak. Sedangkan hal yang meringankan, Ratna merupakan seorang ibu rumah tangga yang berusia lanjut. Terdakwa juga telah menyampaikan permintaan maaf secara terbuka. (*/dtc)

Foto : Antara