Falcon Heavy, Roket Terkuat di Dunia Besutan Space X

[Berita Terpercaya] Roket Falcon Heavy yang diluncurkan pada Selasa (6/2) pukul 15:45 waktu setempat merupakan roket terkuat di dunia besutan Space X. Roket tersebut diluncurkan dari Kennedy Space Center, Cape Carnaveral, Florida, AS. Tiga juta orang juga dilaporkan menonton peluncuran roket Falcon Heavy melalui livestreaming saat roket tersebut mulai mengudara.

Falcon Heavy menjadi roket terkuat di dunia setelah roket Saturnus V milik NASA. Roket itu sukses mendorong beban ke orbit oleh roket ini sebesar 64 ton. Diketahui beban tersebut adalah nyaris dua kali lebih berat dari kemampuan roket Delta IV Heavy. Roket Delta IV Heavy merupakan roket besutan United Launch Alliance, yang merupakan saingan terberat SpaceX.

Namun demikian berdasarkan laporan dari CNN Indonesia, kemampuan daya dorong yang dimiliki Falcon Heavy masih dibawah Saturnus V. Pasalnya Saturnus V dapat mengangkat beban dua setengah kali lebih berat dari beban yang didorong Falcon Heavy.  Saturnus V juga diinformasikan pensiun sejak 1972.

Diketahui pula bahwa Falcon Heavy ternyata merupakan roket terbesar yang pernah dibuat SpaceX. Roket ini memiliki 23 lantai yang terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama merupakan pendorong dengan tiga roket. Selanjutnya bagian kedua yang merupakan roket pendorong dengan satu mesin. Roket pendorong ini digunakan untuk menggerakkan pesawat ketika pendorong pertama sudah dilepaskan. Bagian ketiga, merupakan bagia puncak yang berisi muatan mobil listrik Tesla Roadster dan sebuah manekin astronot yang mengendarainya.

roket terkuat di dunia

Space X Bersiap Luncurkan Satelit pada Misi Berikutnya

“Jika misi ini berhasil, saya kira kami siap untuk menempatkan satelit di misi berikutnya”. Demikian hal itu dikatakan Ellon Musk, CEO SpaceX. Menurut laporan CNN, agaknya Space X dimungkinkan tidak akan berlama-lama untuk misi peluncuan satelit berikutnya. Bisa jadi hanya dalam tiga hingga enam bulan mendatang, Space X segera melakukannya.

Adapun dua dari tiga roket Falcon yang digunakan untuk misi peluncuran ini ternyata juga sudah pernah digunakan sebelumnya. Satu roket diketahui pernah digunakan untuk meluncurkan satelit komunikasi Thaicom 8 pada Mei 2016. Satunya lagi juga diketahui sempat digunakan untuk mengirimkan kargo milik Nasa pada Juli 2016.


roket terkuat di dunia

Pemerintah AS Tuding Korut Bertanggungjawab atas Serangan WannaCry