Samsung akan Luncurkan SSD Berkapasitas Raksasa

[Berita Terpercaya] Samsung luncurkan SSD berkapasitas raksasa. Biasanya SSD (Solid State Disk) memiliki kecepatan yang tinggi, meskipun rata-rata kapasitasnya relatif kecil. Namun kali ini Samsung menghadirkan SSD berkapasitas raksasa dan produk tersebut diberinya nama PM1643.

Melansir informasi ini langsung dari kompas.com, SSD PM1643 diketahui ukuran 2,5 inci seperti halnya SSD lainnya. Tampungannnya yang dikatakan sebagai SSD berkapasitas terbesar di dunia tersebut berukuran 30,72 terabyte (TB) atau 30.720 gigabyte.

Samsung sendiri juga mengklaim bahwa SSD PM1643 mampu menampung hingga 5.700 film berukuran HD, asumsinya tiap file film berukuran 5 GB. Ukuran ini diketahui dua kali lebih besar dari rilis Samsung sebelumnya yang berukuran 15,36TB pada Maret 2016 lalu.

Namun SSD PM1643 sebenarnya bukan ditujukan bagi pengguna rumahan, melainkan kalangan enterprise. Antarmukanya pun memakai Serial Attached SCSI (ASA)

Diketahui pul PM1643 memiliki kecepatan baca dan tulisnya sekitar tiga kali lebih tinggi dibandingkan rata-rata SSD untuk desktop.

Samsung juga membenamkan 32 paket memori flash jenis NAND 1 TB yang masing-masing terdiri dari 16 layer chip V-NAND 512 GB. Memori flash tersebut digunakan agar mampu mengusung SSD yang berkapasitas raksasa tersebut.

baca juga >>> Akhan Semiconductor Bakal Pelopori Smartphone dengan Layar Berlian

Harga dan Kapan Dipasarkannya SSD Berkapasitas Raksasa

Informasi terakhir sebagaimana dilaporkan kompas.com, Samsung pada pekan ini juga mengumumkan dimulainya produksi SSD PM1643. Adapun terkait kapan SSD berkapasitas rakasasa tersbut akan dipasarkan beserta harganya masih belum diketahui.