Sebut Jumlah Korban Kerusuhan Banyak, Ustaz Lancip Dipanggil Polisi

(Berita Terpercaya) – Video ceramah Ahmad Rifky Umar alias Ustaz Lancip yang dua hari belakangan ini viral berujung pemanggilan polisi. Ustaz Lancip dipanggil untuk mengklarifikasi isi ceramah yang menyinggung soal aksi kerusuhan 21-22 Mei 2019 di Jakarta.

Polda Metro Jaya dalam surat panggilan bernomor LP/3473/VI/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus tanggal 7 Juni 2019. Pasal yang disangkakan dalam laporan itu ialah Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45A ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016.

Sebenarnya Polisi memanggil Ustaz Lancip untuk hadir memberi keterangan pada Senin (10/6), namun karena ada acara bersamaan yang sudah teragenda, Ustaz Lancip meminta dijadwalkan ulang.

“Iya betul hari ini ada agenda pemeriksaan Ustaz Lancip, tapi minta dijadwalkan ulang,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, sebagaimana dikutip dari detik.com.

Dalam video yang terekam, Ustaz Lancip menyinggung korban tewas dalam kerusuhan pada 22 Mei 2019 di Jakarta. “Jadwalnya diklarifikasi atas pernyataannya bahwa yang mati hampir 60 orang dan 100 lebih hilang. Mau diklarifikasi dapat data dari mana,” ungkap Argo.

Adapun ceramah Ustaz Lancip itu direkam dalam video saat itu memberikan ceramah di Depok pada 7 Juni 2019. (*/dtc)

foto:zonadamai.com