Penyelamat Australia Berlomba-Lomba Selamatkan Puluhan Paus Pilot

[Berita Terpercaya] Berpacu dengan waktu, tim penyelamat Australia berlomba-lomba selamatkan puluhan paus pilot bersirip pendek. Sebelumnya, lebih dari 150 mamalia yang bermigrasi ke pantai barat di negara bagian Australia itu diketahui juga pernah terdampar.

Lebih dari separuh ikan paus yang terdampar tersebut dilaporkan Reuters telah mati. Demikian hal itu diungkapkan Jeremy Chick, pengendali insiden di departemen konservasi Australia Barat. Pihak berwenang dan relawan setempat juga dilaporkan berusaha menyelamatkan sekitar 50 yang masih hidup di pantai dan 25 lainnya yang berada di perairan dangkal.

Puluhan paus pilot tersebut dilaporkan terdampar di Hamelin Bay, jalur pantai yang merupakan tempat makan paus. Terletak antara Antartika di selatan, dan perairan utara yang hangat. Jalur tersebut juga diketahui adalah tempat bagi paus-paus tersebut memelihara anak-anak mereka. Namun dilihat dari jumlah yang terdampar kali ini, merupakan hal yang tidak biasa.

Melissa Lay, manajer di Hamelin Bay Holiday Park, mengatakan kepada Reuters, bahwa ini adalah peristiwa besar kedua selama 15 tahun ia berada di daerah tersebut. Menurut Melissa terakhir kali peristiwa itu terjadi diketahui tidak ada yang selamat.

baca juga >>> 10 Paus Terdampar di Lepas Pantai Aceh

Peringatan Menjauh dari Pantai

Penduduk setempat dan turis dilaporkan sudah mendapatkan peringatan agar menjauh dari pantai. Hal itu dilakukan karena dimungkinkan ikan hiu akan mendekat karena adanya puluhan paus pilot yang mati.

Demikian halnya peringatan juga disampaikan bagi orang-orang yang sedang memancing ikan salmon. Mereka juga disarankan untuk menjauh dari perairan dangkal. Peringatan itu dilaporkan disampaikan oleh Departemen Industri Primer dan Pembangunan Daerah melalui sebuah pernyataan.

Paus terdampar secara massal sebelumnya dilaporkan terjadi di negara bagian tersebut pada tahun 1996. Saat itu 320 paus pilot bersirip panjang terdampar di utara Hamelin Bay.

Pihak departemen juga mengatakan bahwa paus bersirip pendek berwarna gelap dengan bagian bawah kelabu merah muda, kerap bepergian dalam jumlah besar. Paus-paus jenis itu memang tergolong sering terdampar secara massal.


agen togel terpercaya