korut bertanggungjawab atas serangan wannacry

Pemerintah AS Tuding Korut Bertanggungjawab atas Serangan WannaCry

[Berita Terpercaya] Pemerintah Amerika Serikat tuding Korea Utara bertanggungjawab atas serangan WannaCry. Serangan malware WannaCry beberapa waktu lalu telah berdampak pada gangguan layanan di banyak rumah sakit di seluruh dunia. Termasuk juga pusat-pusat bisnis dan perbankan di seluruh dunia awal tahun ini.

Serangan tersebut dikatakan telah memukul lebih dari 300.000 komputer di 150 negara, menyebabkan kerusakan miliaran dolar. Thomas Bossert, seorang ajudan Presiden AS Donald Trump, membuat tuduhan tersebut di koran Wall Street Journal.

Ini adalah pertama kalinya AS menyalahkan negara secara resmi atas worm tersebut. Demikian hal itu dikatakan Bossert, “berdasarkan bukti”. Ia juga mengatakan bahwa Inggris dan perusahaan komputer Microsoft juga menyalahkan afiliasi pemerintah Korea Utara atas serangan tersebut.

Sebelumnya, AS mengklaim Korea Utara berada di balik serangan cyber terhadap Sony Pictures pada tahun 2014. Serangan dilakukan usai perusahaan tersebut merilis sebuah film yang menampilkan pembunuhan fiktif pemimpin Kim Jong-Un.

Terkait serangan cyber pada waktu itu banyak perusahaan hiburan yang film-filmnya sudah bocor terlebih dulu. Serangan tersebut juga menyasar rincian keuangan perusahaan beserta email pribadi yang dirilis secara online.

Terkait hal tersebut Korea Utara menyatakan perlawanannya terhadap mantan presiden Barack Obama. Namun untuk tuduhan tentang serangan WannaCry, Gedung Putih belum mendapat perlawanan dari Korut.

Korut juga menyerang rumor dari seorang menteri pemerintah Inggris bahwa mereka berada di balik serangan 2017 pada Oktober lalu. Menurut Pyongyang itu merupakan “spekulasi tanpa dasar” dan “usaha jahat” untuk memperketat sanksi internasional terhadap Korea Utara.

 

Dampak Serangan WannaCry

Serangan malware WannaCry pada Bulan Mei lalu membuat komputer-komputer Windows menjadi terkunci. Selanjutnya pengguna diminta untuk membayar uang tebusan agar data mereka dipulihkan. Badan polisi UE Europol menyebut skala serangan seperti itu “belum pernah terjadi sebelumnya”.

Di Inggris, National Health Service (NHS) mendapat serangan cukup keras, 48 pusat kesehatan terkena serangan. Sementara di Rusia dilaporkan terkena dampak parah, sehingga menyebabkan masalah gangguan layanan pos di negara tersebut.

Sementara Pemerintah Korea Selatan percaya Korea Utara memiliki unit 6.800 spesialis perang cyber yang terlatih. Militer cyber Pyongyang diperkirakan berada di balik serangan online terhadap Sony Pictures. Termasuk juga meretas dan mencuri cetak biru sebuah perusahaan kapal perang Korea Selatan.


serangan wannaCry