perayaan nyepi tanpa internet

Seruan Bersama Nyepi 2018 Usulkan Tidak Ada Internet di Bali

[Berita Terpercaya] Sebuah rapat bersama di Bali memutuskan agar layanan internet untuk seluruh Pulau Bali diliburkan selama Nyepi. Rapat tersebut dihadiri oleh Parisada Hindu Dharma Indonesia, Pemerintah Provinsi Bali dan DPRD Bali. Tidak ketinggalan pula Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi Bali dan Polda Bali juga menghadiri rapat tersebut.

Inti keputusan rapat tersebut adalah meminta Kemkominfo untuk mematikan internet di seluruh Pulau Bali saat Nyepi pada 17 Maret mendatang. Menurut Laporan dari bbc.com, Ketua Parisada Hindu Dharma I Gusti Ngurah Sudiana juga akan audiensi ke Kominfo terkait hal tersebut.

Adapun hasil rapat yang juga merupakan seruan bersama Nyepi 2018 tersebut ditandatangani oleh Gubernur Bali Made Mangku Prastika, Komandan Korem 163/Wirasatya I Gde Widiyana dan Kapolda Bali Petrus R Golose.

baca juga >>> Penyitaan Kapal Pesiar Mewah di Bali, Dikecam Pemiliknya

Perbedaan Seruan Bersama dengan Tahun Tahun Sebelumnya

Letak perbedaannya dari seruan pada tahun-tahun sebelumnya terletak pada mematikan data seluler (internet). Dimatikannya data seluler tersebut rencananya dimulai pada Sabtu, 17 Maret 2018 pukul 06.00 WITA sampai dengan Minggu, 18 Maret pukul 06.00 WITA.

Terkait seruan bersama tersebut, Gusti Ngurah yakin bahwa Kominfo akan mendukung. Mengingat hal tersebut sangat membantu umat Hindu di Bali untuk lebih fokus dalam beribadah saat Nyepi.

Namun demikian, jika memang seruan tersebut tidak bisa dipenuhi pihak Kominfo, maka sertuan tersebut tetap menjadi imbauan bagi operator dan umat Hindu.