WHO Siapkan Vaksin Virus Corona dalam 18 Bulan

(Berita Terpercaya) – Berita menggembirakan terkait penanganan wabah virus Corona disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

WHO tengah menyiapkan vaksin virus corona atau WHO memberi nama COVID-19. Namun, warga sedunia masih harus bersabar karena kesiapan vaksin COVID-19 masih membutuhkan waktu 18 bulan lagi.

Ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, Selasa (11/2/2020) di Jenewa mengharapkan warga dunia melakukan pencegahan dan penanganan dari ancaman COVID-19 dengan menggunakan perangkat atau sumber daya yang tersedia.

“Dengan 99 persen kasus berada di China, maka wabah ini menjadi darurat di negara tersebut. Meski tetap menjadi ancaman besar di negara lainnya di dunia,” ucapnya, seperti dikutip dari Reuters.

Menurut Tedros, proses pencarian vaksin dan obat untuk virus baru lazimnya berhasil setelah pengujian selama beberapa tahun dan diwarnai dengan kegagalan. Namun, dengan adanya perkembangan teknologi baru saat ini, diharapkan vaksin COVID-19 bisa lebih cepat ditemukan.

Hingga kini, lebih dari 400 peneliti dari seluruh dunia berusaha menemukan vaksin tersebut. Virus COVID-19 lanjut Tedros, lebih kuat untuk menciptakan gangguan politik, sosial, dan ekonomi dibanding serangan terorisme.

“Virus Ini adalah musuh terburuk yang bisa dibayangkan,” terang Tedros.

Sementara itu, Otoritas Kesehatan China melaporkan sebanyak 97 jiwa mengalami kematian baru yang disebabkan oleh wabah Covid-19 dan 2.015 kasus yang baru dikonfirmasi hingga Selasa (11/2/2020). Total kematian di China akibat virus tersebut menjadi 1.113 kasus dan 44.653 orang terinfeksi.

Sampai Selasa (11/2/2020), sebanyak 744 pasien yang pulih telah dipulangkan, sementara jumlah total kasus pemulihan mencapai 4.740. Di luar Provinsi Hubei, pusat epidemi Covid-19 tercatat jika infeksi baru di China turun selama delapan hari berturut-turut. (*/dari berbagai sumber/dtc)

Foto : Agence France-Presse