siklon tropis cempaka

Siklon Tropis Cempaka Renggut 11 Nyawa

[Berita Terpercaya] Badai siklon tropis Cempaka yang membawa dampak terjadinya angin kencang, banjir dan tanah longsor telah merenggut 11 nyawa. Korban tewas berasal dari 3 propinsi, yakni Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur.

Banjir, longsor dan angin puting beliung merupakan dampak yang terjadi di 21 Kabupaten/Kota. Demikian hal itu diungkapkan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Pacitan merupakan daerah terdampak yang cukup parah. Hujan lebat yang terjadi di Pacitan memicu terjadinya banjir dan tanah longsor pada Selasa (28/11). Terdapat 4.000 jiwa yang terdampak bencana di Pacitan akibat terjangan badai siklon tropis cempaka.

Sementara itu beberapa pemukiman di Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Kulonprogo Propinsi DIY juga masih terendam banjir. Bencana longsor yang terjadi di DIY terjadi di 22 titik. Satu titik longsor di Gunungkidul, dua titik di Kulonprogo, tiga titik di Sleman dan enam belas sisanya di Kabupaten Bantul.

 

Waspadai Daerah-Daerah Terdampak Siklon Tropis Cempaka

Siklon Tropis Cempaka diketahui keberadaannya pada Senin (27/11) pukul 19.00. Pergerakannya berada sangat dekat dengan pesisir selatan Pulau Jawa. Pergerakan siklon ini menyebabkan adanya perubahan pola cuaca bagi daerah-daerah di sekitar lintasannya. Daerah-daerah tersebut mencakup Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Demikian hal ini dikemukakan oleh Deputi Bidang Meteorologi  BMKG R. Mulyono Rahadi Prabowo.

Selanjutnya Mulyono juga mengeluarkan imbauan terutama kepada masyarakat yang berada di daerah pesisir selatan Pulau Jawa. Ia mengimbau agar berbagai aktivitas di sekitar pantai sekiranya dihindari terlebih dulu mengingat potensi gelombang pasang yang bisa terjadi.


siklon tropis cempaka