Sumbar Wilayah Berat Bagi Jokowi, Ini Empat Faktanya

(Berita Terpercaya) – Hari ini, Kamis (7/2/2019), calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin akan berkampanye ke Padang, Sumatera Barat. Tidak gampang “menaklukkan” Sumbar yang pada Pilpres 2014 lalu Jokowi hanya mndapat dukungan suara 23 persen. Lantas strategi apa yang akan dilakukan oleh kubu Jokowi setidaknya KH Ma’ruf Amin. Ini empat faktanya.

Pertama, Sumbar Memang Berat:

Ma’ruf memang mengakui bahwa Sumbar tidak mudah dimenangkan. Posisi dirinya sebagai Cawapres dari nsur ulamapun bukanlah jalan mulus untuk meraih kemenangan. “Terus terang Sumatera Barat ini termasuk yang agak berat. Sampai wakil presidennya kiai saja sampai enggak nembus,” ujarnya.

Kedua, Sentuhan Agama akan Dilakukan:

Tipikal masyarakat Sumbar yang sangat agamis diakui oleh Ma’aruf memerlukan strategi khusus. Kalau sekadar menginformasikan keberhasilan pembangunan fisik seperti infrastruktur tidak akan mengena. Karena itu dirinya akan menjanjikan penghapusan buta huruf Al-Quran di Sumatera Barat.

Ketiga, Susah Meraih di Atas 50 Persen:

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh mengatakan akan berusaha menggerakkan seluruh mesin pendukung Jokowi untuk mendongkrak perolehan suara di Sumbar. Namun tetap susah untuk mencapai di atas 50 prsen.  “Kami akui Jokowi tidak bisa mencapai raihan suara tingkat optimal di atas 50 persen, namun kami tetap optimistis,” ucapnya. “Jujur dikatakan bahwa perlu strategi khusus untuk Sumbar, melalui unsur partai, relawan, serta simpatisan sehingga suara yang diperoleh Jokowi-Ma’ruf bisa melebihi perolehan Pilpres 2014,” kata Paloh.

Keempat, Dukungan Kepala Daerah akan Dimanfaatkan:

Saat ini katanya ada dukungan dari sekitar 12 kepala daerah di Sumbar terhadap Jokowi-Ma’ruf. Ini merupakan nilai tambah yang, kata Paloh, akan dimaksimalkna.  “Saya akan berbicara dari hati ke hati dengan mereka, sejauh mana kemampuan dan kapasitasnya untuk bisa meyakinkan masyarakat bahwa pilihan terbaik itu tetap pada Jokowi,” ujarnya. (*/sdr)

foto: merahputih.com