Surat Suara Kurang, Kotak Suara Pilpres Ditutupi Gelas Air Mineral

(Berit Terpanas) – Ada yang aneh di TPS 39, Condongcatur, Depok, Sleman, DIY. Di TPS yang terletak di dalam kompleks perumahan Griya Perwita Asri ini  surat suara untuk Pilpres kurang sebanyak 132 suara dari 300 pemilih. Akhirnya pada kotak suara khusus Pilpres ditutup wadah gelas air mineral.

“DPT (Daftar Pemilih Tetap)  yang ada di TPS ini sebanyak 168. Sedangkan DPTb (Daftar Pemilih Tambahan) sebanyak 132. Jadi total ada 300 pemilih. Tapi khusus untuk surat suara Pilpres yang berwarna abu-abu hanya 168 surat suara,” ujar Ketua KPPS TPS 39 Condongcatur, Agus, saat ditemui di TPS, Rabu (17/4/2019).

Kekuarangan ini lanjut Agus dihitung bersama-sama dengan para saksi pada pagi hari sebelum pencoblosan dimulai. “Ditanyakan saja kepada para saksi. Kami membuka bersama-sama. Karena kalau membuka dan menghitung sendiri saya melanggar ketentuan,” ujar Agus sembari menambahkan surat suara untuk DPD, DPR RI, DPRD I dan DPRD II tidak mengalami kekurangan..

Hal ini diperkuat oleh Yuli, saksi untuk Pilpres dari kubu 02, Prabowo-Sandiaga.  “Iya, hal ini memang diketahui sejak awal. Sebelum pencoblosan dimulai . Panitia KPPS sudah melaporkan hal ini, perihal kekurangan kartu suara. Tapi sampai sekarang belum datang juga,” ujar Yuli. Saat itu pukul 12.35 WIB.

Agus juga mengatakan bahwa pihaknya telah melaporkan perihal kekurangan ini tetapi belum dapat kiriman surat suara tambahan. Di lokasi TPS terlihat kotak suara untuk Pilpres ditutup dengan gelas wadah air mineral.

Salah seorang pemilih, Robby Amaladi, walaupun memahami situasi ini dan tidak menyalahkan KPPS, namun tetap menyayangkan keteledoran dari KPUD. “Saya agak kecewa, karena saya datang sebenarnya khusus untuk memilih Pilpres. Tapi nyatanya malah tidak bisa memilih. Kalau untuk DPD dan caleg DPR sebenarnya saya kurang begitu minat karena saya tidak mengenal para calon,” ujar Robby.

Robby mengatakan bahwa dirinya sekarang sudah pindah ke Sidodadi, Purwomartani, Kalasan. sekitar 5 kilometer dari lokasi TPS 39. TetapiKTP-nya masih di Griya Perwitas Asri. “Saya dulu tinggal di sini, alamat saya di (nomor) 6A. Tetapi sekarang saya pindah ke Purwomartani. Tapi mau gimana lagi surat suaranya tidak ada.”

Menurut Robby dirinya akan menunggu hingga surat suara Pilpres datang dan akan mencoblos. Tapi ia sendiri tidak tahu kapan dan jam berapa akan mencoblos. “Tadi hanya diminta meninggalkan nomor HP, dan katanya akan dihubungi kalau surat suara Pilpres sudah ada. Tapi saya belum tulis nomor HP saya karena mau tunggu saja. Karena kalau pulang agak jauh rumah saya.” (sdr)