tesla yang menabrak suv polisi

Mobil Tesla Yang Menabrak SUV Polisi di California dalam Mode Autopilot

[Berita Terpercaya] Sebuah laporan menyebutkan mobil Tesla yang menabrak SUV Polisi di California berada dalam posisi mode “autopilot”. Sedan Tesla tersebut dilaporkan menabrak mobil polisi yang saat itu sedang parkir di Laguna Beach, California. Kecelakaan tersebut mengakibatkan pengemudi mengalami cedera dan kendaraan patroli yang ditabrak mengalami kerusakan parah.

Foto-foto terkait kecelakaan tersebut juga dilaporkan diunggah oleh Sgt Jim Cota, petugas informasi publik untuk departemen kepolisian Laguna Beach di Twitter. Dikatakan Cota, kerusakan pada mobil sedan Tesla pada bagian depannya, sementara SUV polisi yang ditabrak mengalami kerusakan total.

Pengemudi Tesla diketahui menderita luka kecil pada wajah dan ia mengatakan kepada polisi bahwa Tesla berada dalam mode semi-otonom. Namun demikian penyelidikan lebih lanjut diperlukan terkait kecelakaan tersebut untuk mengkonfirmasi benar tidaknya hal tersebut.

baca: Atasi Supir Mengantuk, Hyundai Usung Teknologi Mobil Otonom DDREM

Pengemudi Tesla Yang Menabrak SUV Polisi Seharusnya Tidak Melepaskan Tangan dari Stir

Cota juga mencatat bahwa Tesla model lain telah bertabrakan dengan kendaraan semitruck di area yang sama pada April 2017. Menurutnya, penggunaan autopilot seharusnya mengingatkan pengemudi akan tanggung jawab mereka untuk menjaga kendali kendaraannya setiap saat.

Pihak Tesla sendiri menjelaskan bahwa autopilot tidak membuat mobil tahan terhadap semua model kecelakaan. Autopilot itu sendiri pada dasarnya juga dirancang untuk digunakan di jalan raya yang memiliki pusat pembagi dan tanda jalur yang jelas.

Adanya fitur Traffic-Aware Cruise Control  juga tidak dapat mendeteksi semua objek yang mengerem atau sedang memperlambat kecepatan. Terlebih lagi si pengemudi sedang berada dalam kecepatan lebih dari 80 kilometer perjam.

Fitur autopilot tersebut pada dasarnya menyarankan agar tangan pengemudi tetap berada di setir meski mode autopilot tersebut telah diaktifkan.