trump terkucil

Kecaman Datang dari Uni Eropa dan Rusia, Trump Terkucil

[Berita Terpercaya] Keputusan mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel justru makin membuat Donald Trump terkucil. Kini kecaman terhadap keputusan Presiden AS tersebut juga datang dari Uni Eropa dan Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa keputusan Trump tersebut dapat menghapus prospek perdamaian antara Israel dan Palestina. Demikian hal itu disampaikan Putin usai pertemuan dengan Presiden Turki sebagaimana dilansir dari BBC.com.

Senada dengan Putin, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan  juga mengatakan bahwa dirinya mengambil pendekatan yang sama dengan Rusia. Secara khusus Erdogan menuduh Israel sengaja menyiram minyak ke barak api.

“Israel menggunakan kesempatan ini untuk menekan dan melakukan tindak kekerasan terhadap warga Palestina”, demikian ujar Erdogan.

Sementara itu kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Federica Mogherini mengatakan, Uni Eropa bersatu mendukung Yerusalem sebagai ibukota kedua negara. Yerusalem di masa depan merupakan ibukota baik itu bagi Israel maupun bagi Palestina.

trump terkucil

Ditegaskan pula oleh Mogherini bahwa Uni Eropa tidak mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel. Tidak akan diakui hingga tercapai kesepakatan damai antara Israel-Palestina.

 

Keputusannya Tidak Didukung Uni Eropa, Trump Terkucil

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu diinformasikan melawat ke Brussel pada Senin (11/12) dan berharap agar Uni Eropa dukung langkah Trump. Terkait hal tersebut, Mogherini menyampaikan bahwa satu-satunya solusi realistis adalah Yerusalem sebagai ibukota kedua negara.

Posisi Uni Eropa adalah mengikuti Konsensus Internasional terhadap Yerusalem, demikian hal itu juga ditegaskan Mogherini kepada Netanyahu.

Sementara Netanyahu tetap bersikukuh bahwa realitasnya adalah Yerusalem jelas-jelas merupakan ibukota Israel.

Pemimpin Hizbullah, Hasan Nasrallah mengatakan dari tempat tersembunyi, Trump mengira berbagai negara, termasuk dunia Arab akan mendukungnya. “Kenyataannya, dia sekarang sepertinya terkucil, hanya Israel yang membelanya”, ujar Nasrallah.


Trump Terkucil