Warga Luar yang Masuk DIY Wajib Isolasi Diri 14 Hari

(Berita Terpercaya) – Data kasus virus Corona (Covid-19) di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hingga Kamis (26/3/2020) pukul 16.00 WIB tercatat 130 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Perinciannya, masing-masing 18 orang positif, 33 orang negatif, dan sejumlah 79 orang masih menunggu hasil uji laboratorium.

Informasi tersebut disampaikan Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan COVID-19, Berty Murtiningsih melalui keterangan tertulis, Kamis (26/3/2020).

Lebih lanjut disampaikan Berty, pasien yang masih dalam proses pengujian sampel ada 79 orang. Sedangkan PDP yang meninggal namun hasil laboratorium belum keluar ada dua orang.

Sementara untuk pasien yang dirawat di rumah sakit rujukan COVID-19 DIY dalam kondisi stabil. Khususnya para pasien yang dinyatakan positif terjangkit virus Corona.

“Pada umumnya kondisi stabil. Tidak ada yang memerlukan ventilator,” demikian disampaikan Berty dalam rilisnya.

Warga di wilayah DIY juga menerima informasi yang dibagikan melalui WhatApps (WA) terkait penyikapan terhadap pendatang atau warga DIY yang pulang kampung dari rantau atau luar wilayah DIY.  Mereka dianggap berpotensi menjadi carrier (pembawa virus Corona).

Upaya pencegahan yang dilakukan, antara lain melakukan pendataan di lingkungan tempat tinggal, khususnya yang terdapat warga dari luar kota yang kembali ke kampong halaman di wilayah DIY.

“Bagi warga dari luar kota yang pulang ke kampong masing-masingdi wilayah DIY diimbau melakukan isolasi diri di rumah masing-masing selama 14 hari. Warga terdekat ikut melakukan pengawasan pelaksanaan pendataan dan isolasi diri,” demikian disampaikan dalam informasi yang beredar melalui WA. (*/dtc/sar)

Foto : corona.jogjaprov.go.id/26 Maret 2020