Wisatawan Delapan Negara Dilarang Masuk Indonesia

(Berita Terpercaya) – Wisatawan dari delapan negara dilarang masuk ke wilayah Republik Indonesia mulai Jumat (20/3/2020) pukul 00.00 WIB hari ini. Kedelapan negara tersebut adalah Iran, Italia, Vatikan, Spanyol, Prancis, Jerman, Swiss, dan Inggris.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI mengeluarkan kebijakan tersebut guna mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

“Kebijakan ini bersifat sementara dan akan dievaluasi sesuai dengan perkembangan,” ujar Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam keterangan di website resmi Kemenlu, Jumat (20/3/2020).

Disampaikan Menlu Retno, Kemenlu RI melarang pelancong dari delapan negara masuk ke wilayah RI dalam kurun 14 hari ke depan. Kedelapan negara itu diketahui sebagai negara-negara dengan banyak kasus virus Corona.

Ditambahkan Retno, bagi WNI yang berkunjung ke negara-negara yang disebutkan Retno itu, akan menjalani pemeriksaan tambahan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) setiba di tanah air. Apabila pemeriksaan tambahan menemukan gejala awal COVID-19, akan dilakukan observasi pada fasilitas pemerintah selama 14 hari.

“Apabila tidak ditemukan gejala awal, maka sangat dianjurkan yang bersangkutan melakukan karantina mandiri selama 14 hari,” demikian disampaikan Retno. (*/dtc)

Foto : Reuters