wisatawan indonesia yang ke turki

Tertinggi se-ASEAN, Wisatawan Indonesia Yang ke Turki

[Berita Terpercaya] Indonesia menempati urutan teratas se-ASEAN dalam kunjungan wisata ke Turki sebagaimana BBC.com melaporkan. Dibandingkan dengan negara-negara lainnya di kawasan Asia Tenggara, Indonesia merupakan negara penyumbang wisatawan terbesar bagi Turki pada 2017.

Dilaporkan lebih dari 85.000 wisatawan Indonesia yang ke Turki sepanjang tahun 2017. Jumlah tersebut hampir dua kali lipat kunjungan pada 2016. Urutan berikutnya diduduki Filipina dengan 63.200 orang wisatawan. Selanjutnya adalah Malaysia sebanyak 61.100 orang dan Thailand dengan jumlah wisatawan 30.700 orang. Singapura dilaporkan berada pada urutan berikutnya, sebanyak 17.500 orang.

Sebanyak 47.200 orang wisatawan Indonesia dilaporkan telah melakukan kunjungan ke berbagai tempat wisata di Turki pada 2016.

Secara khusus bagi Rhevy Adriade Putra, seorang wisatawan Indonesia yang ke Turki, menurutnya Turki memiliki nuansa sejarah Islam yang kental. Menurutnya hal itu menjadi daya tarik utama bagi dirinya dan keluarganya. Selain itu juga karena faktor kemudahan mendapatkan visa untuk berkunjung ke Turki.

Tidak sedikit pula biro perjalanan wisata yang menawarkan program umrah yang digandengkan dengan perjalanan ke Turki. Hal tersebut dinilai mendorong kenaikan angka wisawatan Indonesia selama beberapa tahun terakhir ini.

Pemasukan Besar dari Para Wisatawan

Tidak dipungkiri kunjungan wisatawan ke Turki sempat anjlok pada 2016 karena terjadinya kudeta militer di negara tersebut. Ditambah lagi dengan renggannya hubungan antara Turki-Rusia pada tahun yang sama usai militer Turki menembak jatuh pesawat Rusia.

Kunjungan wisatawan asing ke negara tersebut diketahui anjlok menjadi 25,3 juta orang. Sementara data pada tahun 2015 angka kunjungan dari wisatawan asing yang tak kurang dari 36,2 juta orang.

Tingginya kunjungan wisatawan ke Turki pada tahun 2017, membuat negara itu mendapat pemasukan hampir mencapai Rp 348 triliun.

Data dari kementerian pariwisata Turki mencatat, penyumbang wisatawan terbesar adalah Rusia dengan jumlah wisatawan mencapai 4,72 juta orang. Selanjutnya diikuti Jerman dengan 3,5 juta wisatawan yang berkungjung ke negara tersebut.

baca juga >>> Berlian Terbesar Kelima Sepanjang Sejarah Ditemukan di Lesotho