kembalinya android one

Xiaomi Mi A1, Kembalinya Android One

[Berita Terpercaya] Android One adalah proyek dari Google sejak tahun 2014 lalu. Android One ditujukan untuk membuat miliaran orang bisa mendapatkan smartphone murah, berkualitas dan terhubung ke internet.

Proyek tersebut digarap Google dengan menggandeng sejumlah vendor lokal di masing-masing negara terpilih. Rancangan hardware nya berasal dari google dan vendor yang bekerja sama, tinggal membuatnya sesuai dengan rancangan tersebut.

Android One memang pernah sempat berjalan di Indonesia. Tiga vendor lokal, yang terdiri atas Evercoss, Nexian, dan Mito terpililih menjadi mitra Google pada waktu itu. Peluncuran produk-produk merekea juga berlangsung pada waktu yang berdekatan, pada awal 2015.

kemunculan kembali android one

 

Xiaomi Mi A1, Kembalinya Android One

Proyek Android One saat ini kembali dimunculkan Google dengan Xiaomi Mi A1. Kerja sama di antara Google dan Xiaomi kali ini dianggap merupakan strategi yang pas. Hal ini mengingat Xiaomi fokus pada perangkat-perangkat murah dan ini sejalan dengan proyek Android One.

Google pun menjadi diuntungkan, pasalnya Xiaomi sudah memiliki nama yang baik dalam bisnis smartphone di negara berkembang. Keuntungan bagi Xiaomi sendiri adalah mendapatkan sistem operasi Android murni dan sudah lebih memadai. Xiaomi sudah tidak perlu lagi menambah pendukung MIUI yang terkadang justru jadi masalah dalam smartphone.

Xiaomi Mi A1 hadir dengan tampilan layar 5,5 inci.  Sementara itu fitur Dual camera  yang diusungnya memiliki resolusi 12 megapiksel dan konfigurasinya pun serupa dengan iPhone 7 Plus. Berbekal Chip Snapdragon 625 dan RAM 4 GB, Mi A1 menjadikan OS Android Nougat terasa lebih cepat untuk dijalankan. Xiaomi Mi A1 juga dilengkapi dengan memori internal 64 GB, slot MicroSD hingga 128 GB. Baterai yang dibenamkannya juga cukup besar, yakni memiliki kapasitas hingga  3.080 mAh.

Dibesut dengan kisaran harga 3,1 jutaan rupiah membuat Mi A1 masuk ke segmen menengah ke bawah. Beberapa varian warna yang dihadirkan Xiaomi Mi A1, antara lain gold, rose gold, dan hitam.


kemunculan kembali android one