Walikota Seoul berada di bawah tekanan yang meningkat untuk melarang orang makan daging anjing di kota.

Konsumsi makanan kontroversial sedang menurun di Korea Selatan, tetapi larangan di ibu kota bisa menjadi langkah besar untuk mengakhiri praktik tersebut.

Seorang anggota dewan kota telah mengusulkan undang-undang di seluruh kota untuk melarang makan daging dan ‘mempromosikan budaya ramah anjing’.

Laporan mengatakan RUU itu diperkirakan akan dipilih pada bulan depan, dengan para juru kampanye berharap RUU itu dapat menyebabkan larangan nasional jika disahkan.

Penasihat Yang Min-gyu, yang mewakili Partai Demokrat yang berkuasa, mengatakan ‘budaya menganggap hewan peliharaan sebagai bagian dari keluarga telah menjadi tren dunia’.

Isu ini kontroversial di Korea, dengan banyak dari mereka yang masih makan daging menjadi lebih tua dan lebih miskin.

Pendukung mengatakan bahwa anjing tidak boleh diperlakukan berbeda dengan hewan lain yang dimakan di negara ini dan beberapa percaya sup daging anjing akan membangun stamina dan mendinginkan tubuh selama musim panas.

Anjing terlihat dikurung dalam kandang di sebuah peternakan daging anjing di Hongseong, Korea Selatan, pada Sabtu, 8 Februari 2020.
Anjing telah dimakan di Korea Selatan selama berabad-abad (Gambar: Jean Chung)
Tetapi para kritikus menunjuk pada ‘kebrutalan’ dan ‘kekejaman’ industri daging anjing.

Nara Kim, manajer kampanye daging anjing untuk Humane Society International/Korea, mengatakan: ‘RUU yang diusulkan ini mengirimkan pesan yang kuat kepada pemerintah nasional sama seperti satuan tugasnya sendiri berkumpul untuk membahas larangan daging anjing secara nasional.

‘Kami berharap larangan di Seoul akan membuka jalan untuk mengakhiri industri daging anjing yang brutal di seluruh negeri, sejalan dengan sentimen publik dan tren nasional dan global.’

Nara melanjutkan: ‘Kami menyambut RUU yang diusulkan kota Seoul yang meminta walikota untuk menyusun rencana untuk melarang konsumsi daging anjing, dan pengakuan eksplisitnya bahwa semua anjing adalah anggota keluarga yang disayangi yang harus dilindungi dari industri daging anjing yang kejam.

‘Karena kepemilikan hewan peliharaan meningkat secara eksponensial di Korea Selatan, demikian pula tanggung jawab kita untuk melindungi mereka dari kekejaman dan eksploitasi.’

Pemilik fasilitas asrama, tengah, memuat peti anjing yang diselamatkan ke truk di sebuah peternakan daging anjing di Hongseong, Korea Selatan, pada Rabu, 6 Mei 2020.
Peti anjing yang diselamatkan diselamatkan dari sebuah peternakan (Gambar: Jean Chung)
Lebih dari enam juta anjing peliharaan sekarang diyakini tinggal di rumah orang Korea.

 

Jajak pendapat tahun 2020 yang ditugaskan oleh masyarakat menunjukkan bahwa hampir 84% warga Korea Selatan tidak atau tidak mau makan anjing, dan hampir 60% mendukung larangan perdagangan.

Seoul diyakini memiliki sekitar 440 restoran daging anjing, menurut penelitian Nielson Company Korea pada tahun 2020.

Pada November 2021, pemerintah pusat mengumumkan rencana untuk membentuk gugus tugas untuk mempertimbangkan pelarangan daging anjing. Itu bisa membuat rekomendasi pada bulan April.

Anjing terlihat dikurung dalam kandang di sebuah peternakan daging anjing di Hongseong, Korea Selatan, pada Sabtu, 8 Februari 2020.
Anjing dalam kandang di sebuah peternakan di Hongseong
Pengumuman bersama oleh kementerian pemerintah datang setelah Presiden Moon Jae-in menyarankan waktu yang tepat untuk mempertimbangkan larangan.

Korea Selatan, di mana anjing telah dimakan selama berabad-abad, saat ini memiliki Undang-undang Perlindungan Hewan tetapi itu hanya mencegah pembantaian kejam terhadap anjing dan kucing daripada melarang memakan anjing.

Humane Society mengatakan telah menyelamatkan lebih dari 2.500 anjing dari peternakan daging anjing Korea Selatan dan menutup secara permanen 17 peternakan anjing bekerja sama dengan petani yang ingin meninggalkan industri tersebut, yang dikatakan ‘sekarat’.

Namun diyakini hingga 1,5 juta per tahun dibesarkan di ribuan peternakan di seluruh negeri dan dijual ke tukang daging untuk dibunuh dengan sengatan listrik.

Daging anjing dilarang di berbagai negara Asia lainnya dan beberapa kota di Cina, tetapi diperkirakan 30 juta anjing masih dibunuh untuk diambil dagingnya di benua itu setiap tahun.

By adminPK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *