TOKYO: Menteri luar negeri Jepang mengatakan pada Selasa (29 Agustus) bahwa pelecehan yang dihadapi oleh warga Jepang di Tiongkok setelah pelepasan air dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima “sangat disesalkan”, dan membenarkan adanya pelemparan batu bata ke kedutaan negaranya di Beijing.

Pekan lalu, Tiongkok melarang semua impor makanan laut dari negara tetangganya ketika Jepang mulai membuang air limbah yang telah diolah dari pabrik yang lumpuh tersebut dalam sebuah operasi yang menurut Tokyo dan pengawas nuklir PBB aman.

Sejak itu, Jepang mendesak warganya di Tiongkok untuk tidak menonjolkan diri dan meningkatkan keamanan di sekitar sekolah dan misi diplomatik.

Menteri Luar Negeri Jepang pada hari Selasa mengkonfirmasi laporan media bahwa kedutaan Jepang di Beijing dilempar dengan batu bata dan mengulangi seruan dari Perdana Menteri Fumio Kishida pada hari Senin (28 Agustus) kepada Tiongkok untuk mengambil tindakan guna menenangkan situasi.

“Ini sangat disesalkan dan mengkhawatirkan,” kata Yoshimasa Hayashi kepada wartawan di Tokyo.Polisi dan personel keamanan berdiri di luar pintu masuk kedutaan Jepang di Beijing pada 26 Agustus 2023. Keamanan di kedutaan ditingkatkan sejak pembuangan air limbah di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima di Jepang pada hari Kamis, … lihat lebih lanjut
“Kami ingin mendesak pemerintah Tiongkok untuk segera mengambil tindakan yang tepat, seperti menyerukan warga negaranya untuk bertindak dengan tenang guna mencegah eskalasi situasi, dan mengambil semua tindakan yang mungkin dilakukan untuk menjamin keselamatan penduduk Jepang dan misi diplomatik kami di negara tersebut. Tiongkok,” katanya.

Dia menambahkan bahwa Tiongkok harus “memberikan informasi yang akurat” tentang pelepasan air Fukushima “daripada menimbulkan kekhawatiran masyarakat yang tidak perlu dengan memberikan informasi tanpa dasar ilmiah”.

Di Beijing, juru bicara kedutaan Jepang mengatakan kepada AFP bahwa staf “sangat khawatir”.

“Beberapa orang telah datang ke pintu masuk (kedutaan besar) kami,” kata juru bicara tersebut.

“Mereka melakukan tindakan semacam ini kemudian dibawa pergi oleh polisi bersenjata.”

Ketika ditanya tindakan apa yang akan diambil Beijing atas pelemparan batu tersebut, juru bicara Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin mengatakan pada hari Senin bahwa Tiongkok “selalu melindungi keselamatan dan hak sah serta kepentingan orang asing di Tiongkok, sesuai dengan hukum”.

“Kami sangat mendesak pihak Jepang untuk menghadapi kekhawatiran semua pihak, segera menghentikan pembuangan air yang terkontaminasi nuklir ke laut, berkonsultasi sepenuhnya dengan negara tetangga dan pemangku kepentingan lainnya, dan dengan sungguh-sungguh membuang air yang terkontaminasi nuklir ke dalam laut. dengan cara yang bertanggung jawab,” kata Wang dalam pengarahan rutin.

 

By adminPK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *