Kamboja memulai tuan rumah Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games) untuk pertama kalinya pada 5 Mei, dengan hiruk pikuk sejarah berupa nyanyian, tarian, pengibaran bendera, dan kembang api. Upacara pembukaan SEA Games ke-32 berlangsung di Stadion Nasional Morodok Techo di Phnom Penh. Acara multi-olahraga dua tahunan pertama kali diadakan di Bangkok pada tahun 1959.

Upacara pembukaan malam hari dihadiri oleh para atlet dari seluruh wilayah, dan memamerkan sejarah negara yang kaya dan berterima kasih kepada pemimpinnya atas modernisasi baru-baru ini. Tiket ke Pertandingan telah diberikan secara gratis, dan permintaannya sangat besar. Di dalam Stadion Nasional Morodok Techo pada upacara pembukaan, 60.000 kursi di tempat tersebut telah penuh sesak.

Produksi utama, yang menampilkan perhiasan emas, kostum anggun, dan prajurit, menceritakan kisah kerajaan. Para atlet mempersembahkan seni bela diri nasional Kun Bokator, menandai debutnya di Olimpiade tahun ini.

Para pemimpin yang hadir termasuk Perdana Menteri Vietnam dan Presiden Laos. Perdana Menteri Kamboja Hun Sen Hun Sen memasuki stadion dengan tepuk tangan meriah. Salah satu pemimpin yang paling lama berkuasa di dunia, dia berbicara singkat, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas perdamaian di negara di bawah kepemimpinannya dan mengumumkan pembukaan Olimpiade.

Acara dimulai pada 6 Mei, dengan Pertandingan berlangsung hingga 17 Mei, sebelum Para Games pada awal Juni.

By adminPK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *