Apa itu Program MBKM?

Kampus Merdeka (Merdeka Belajar, Kampus Merdeka / MBKM) adalah program yang dirancang oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan berbagai keilmuan sebagai pengalaman dalam dunia kerja, seperti magang di perusahaan dan produksi untuk membuat acara seperti talkshow. Program MBKM ini menjanjikan konversi 20 SKS terhadap pesertanya.

 

Program MBKM yang saya ikuti adalah “Pembuatan Konten Tentang UMKM di Yogyakarta” di perusahaan Jogjaaja.com dibawah naungan PT. Jogja Kreasi Sejahtera, kantor pusat Jogjaaja.com berada di Bantul, Yogyakarta.

 

Bagaimana kegiatan Program MBKM berlangsung?

Pada awal kegiatan MBKM berlangsung, para peserta dibagi menjadi tiga divisi, yaitu; Divisi Desain Grafis, Divisi Video Editor, dan Divisi Reporter. Kemudian peserta magang dibekali dengan materi-materi sesuai divisi masing-masing dan praktek dalam aktivitas magang tersebut.

Materi yang saya pelajari sebagai Desainer Grafis adalah membuat desain untuk konten artikel di portal berita online, dengan  menggunakan software yaitu Adobe Illustrator, Photoshop, Photopea dan Canva. Setelah membuat desain, akan dipastikan dan diberikan feedback untuk revisi dan saran.

Setelah pembekalan dan pertemuan pertama selesai, para peserta diberikan tugas sesuai posisi magang. Contoh tugas yang saya kerjakan adalah membuat desain untuk instagram portal berita tentang informasi Mudik Lebaran 2023, desain untuk perayaan seperti Hari Raya Paskah dan Idul Fitri dan informasi berkaitan dengan Yogyakarta.

Manfaat apa saja yang diperoleh dari program Magang MBKM?

Selama program ini berjalan dengan teman-teman program Magang MBKM, banyak manfaat yang saya dapatkan saat bekerja sama:

  • Mendapatkan materi-materi yang belum pernah saya pelajari sebelumnya, serta mendalami materi-materi yang pernah saya pelajari sebelumnya dan mempelajari hal-hal menarik.
  • Mendapatkan hikmah dan kreativitas untuk berkarya dengan cara praktek langsung di dunia kerja.
  • Mendapatkan pengalaman dalam mengerjakan proyek dan penugasan, serta belajar bersama dan mempelajari hal baru.
  • Menambah teman dan relasi baru di dalam perusahaan dan dapat bekerja sama sebagai tim.

 

 

By adminPK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *