Juga tidak mungkin semua negara pengekspor beras akan mengurangi pasokan mereka ke Singapura, karena negara itu adalah “importir yang sangat kecil” dalam hal ton beras, kata Prof Teng. Produksi Beras Terkini“Namun secara keseluruhan, pasokan beras dari empat negara pengekspor utama ini dapat terpengaruh jika peristiwa perubahan iklim seperti musim hujan yang tertunda, kekeringan, atau curah hujan yang berlebihan terjadi secara bersamaan,” katanya.

Dalam kasus seperti itu, volume ekspor global dapat terpengaruh karena beras adalah komoditas dengan margin tipis, yang berarti hanya 7 hingga 10 persen dari produksi global yang tersedia untuk diperdagangkan.

Namun demikian, Prof Teng mengatakan dia akan lebih khawatir tentang Delta Mekong Vietnam – “mangkuk nasi Asia Tenggara” – karena perubahan iklim dan kenaikan permukaan laut dapat menggenangi sawah, mengurangi luas lahan untuk produksi beras.

DI LUAR DIVERIFIKASI
Tapi produksi beras di negara sumber berada di luar kendali Singapura, katanya.

Dengan demikian, selain mendiversifikasi sumber impor, Singapura juga dapat mendukung penelitian – baik lokal maupun luar negeri – untuk menghasilkan “varietas cerdas iklim”.

“Ini agar kalau global lebih banyak, lebih banyak yang harus kita impor,” ujarnya.

Selain itu, Singapura dapat bekerja sama dengan negara-negara yang memiliki “potensi besar yang belum dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi dan mengekspor lebih banyak”, tetapi kekurangan teknologi dan infrastruktur yang diperlukan untuk melakukannya, seperti Myanmar.

Prof Teng juga mencontohkan Golden Sunland, sebuah perusahaan beras lokal yang membantu petani di Myanmar menghasilkan lebih banyak beras, beberapa di antaranya dapat diekspor ke Singapura.

Dia juga mengatakan bahwa negara-negara Produksi Beras Terkini pengekspor beras seperti Vietnam dan Thailand mempertahankan “stok ekspor” untuk menghormati kesepakatan tertentu. “Dimungkinkan untuk bekerja sama dengan entitas terkait di kedua negara ini untuk meningkatkan stok ekspor mereka,” katanya.

By adminPK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *