Seorang Wanita Tertua di Filipina diyakini sebagai orang tertua di dunia telah meninggal dunia pada usia 124. Francisca Susano, yang dikenal oleh teman dan keluarga sebagai Lola Iska, meninggal di rumahnya di Kota Kabankalan, Provinsi Negros Occidental pada Senin malam 22 November, tak lama setelah sholat magrib keluarganya. Cucu perempuan Lola, Merlene, mengatakan orang super-centerian itu mengeluh kesulitan bernapas pada sore hari. Mereka mengoleskan minyak gosok untuk meredakan rasa sakitnya, tetapi Francisca meninggal dunia beberapa jam kemudian. Penyebab kematiannya belum ditentukan, tetapi pejabat kesehatan setempat mengatakan dia akan menjalani tes COVID-19.

Francisca Wanita Tertua  berusia 124 tahun pada 11 September lalu, dan telah diakui sebagai orang Filipina tertua yang masih hidup sebelum kematiannya. Keluarganya juga telah mendaftarkannya untuk pengakuan di Guinness World Records sebagai wanita tertua yang pernah ada, namun klaim tersebut masih diverifikasi. Rekor saat ini milik Jeanne Louise Calment, yang meninggal di Prancis selatan pada usia 22 pada 4 Agustus 1997. Francisca, seorang mantan buruh tani, mengatakan bahwa memainkan organ mulut membantu menjaga pikirannya tetap tajam, sementara dietnya dengan makanan segar, membuatnya tetap sehat. tubuh sehat. Dia mengatakan dia memainkan harmonika setiap pagi sebagai bentuk latihan untuk menjaga paru-parunya tetap kuat.

Pengasuh Wanita Tertua Francisca, Wo Montes, mengatakan pada tahun 2020 pikiran wanita itu masih gesit tetapi dia membutuhkan bantuan untuk tugas sehari-hari. Wo berkata: ‘Semua orang menyukai Francisca. Dia bekerja di pertanian sepanjang hidupnya sehingga dia selalu makan banyak sayuran organik yang sehat. ‘ Makanan Francisca mengandung banyak sayuran segar dan dia minum madu alami yang bersumber secara lokal. Beberapa makanan favoritnya termasuk labu, terong, okra, dan umbi-umbian lainnya. Wanita tua itu juga melakukan peregangan ringan dengan bantuan pengasuh untuk menjaga persendiannya tetap halus. Dia menghabiskan sebagian besar hari di kursi roda di luar rumah keluarga.

Penyebab kematiannya Wanita Tertua belum ditentukan, tetapi pejabat kesehatan setempat mengatakan dia akan menjalani tes COVID-19. Francisca berusia 124 tahun pada 11 September lalu, dan telah diakui sebagai orang Filipina tertua yang masih hidup sebelum kematiannya. Keluarganya juga telah mendaftarkannya untuk pengakuan di Guinness World Records sebagai wanita tertua yang pernah ada, namun klaim tersebut masih diverifikasi. Rekor saat ini milik Jeanne Louise Calment, yang meninggal di Prancis selatan pada usia 22 pada 4 Agustus 1997. Francisca, seorang mantan buruh tani, mengatakan bahwa memainkan organ mulut membantu menjaga pikirannya tetap tajam, sementara dietnya dengan makanan segar, membuatnya tetap sehat. tubuh sehat. Dia mengatakan dia memainkan harmonika setiap pagi sebagai bentuk latihan untuk menjaga paru-parunya tetap kuat.

 

By adminPK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *